Selasa, 03 April 2012

MAKALAH_Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa



Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan
Budaya Bangsa

Disusun Oleh :
                                    NAMA               : ABHEDNEGO WIDHITAMA
                                    NPM                  : 10111042
                                    KELAS              : 1KA41



SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA 


Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Makalah
Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan
Budaya Bangsa
Kelas  :  1-KA41
Tanggal Penyerahan Makalah : 03 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  04 April 2012

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n


N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
10111042
ABHENEGO WIHITAMA



Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA




Daftar isi :
Pernyataan…………………………………………………………………...1
BAB 1. Pendahuluan…………………………………………………………2
1.1 Latar belakang……………………………………………………2
            1.2 Tujuan…………………………………………………………....3
            1.3 Sasaran…………………………………………………………...4
BAB 2
A.    Kekuatan ( Strenght ) …………………...…………………...……...5
B.     Kelemahan ( Weakness ) ………………..………………...………..6
C.     Peluang ( Oppurtunity ) …………………...………………………..7
D.    Hambatan ( Threats ) ……………………...………………………..8

BAB III
 Rekomendasi / Saran ……………………………….……………….…...9
Refrensi …………………………………………………………………..10






Kata Pengantar
 Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Pesan Budaya Daerah MemperkokohKetahanan Budaya Nasional.
Saya ingin mengulas sedikit tentang nilai – nilai budaya, khususnya di Negeri tercinta kita ini yaitu Indonesia melalui makalah yang saya susun ini. Kebudayaan sangat erat sekali hubungannya dengan masyarakat dan harus dilestarikan. Oleh karena itu, kita sebagai Bangsa Indonesia yang memiliki banyak sekali keaneka ragaman budaya, wajib menjaga dan mempertahankan keberadaan nya demi menjaga identitas asli kita sebagai Bangsa Indonesia.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Mungkin dalam penulisan ini saya selaku penulis banyak terjadi kesalahan ataupun kurang tepatdalam penyampaian nya. Saya selaku penulis meminta maaf sebesar - besarnya jika memang terjadi kesalahan.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Terimakasih,
Bekasi, 31 Maret 2012

Penyusun.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di tengah Maraknya arus Globalisasi yang masuk ke Indonesia, melalui cara  cara tertentumembuat Dampak Positif dan Dampak Negatif nya sendiri Bagi Bangsa Indonesia. Terutamadalam Bidang Kebudayaan. Karena semakin terkikisnya nilai ± nilai Budaya kita oleh pengaruhbudaya Asing yang masuk ke Negara kita.Oleh karena itu, untuk  meningkatkan ketahanan budaya bangsa, maka Pembangunan Nasionalperlu bertitik-tolak dari upaya-upaya  pengembangan kesenian yang mampu melahirkan ³nilai-tambah kultural´. Pakem-pakem seni (lokal dan nasional) perlu tetap dilanggengkan, karenaberakar dalam budaya masyarakat. Melalui dekomposisi dan rekonstruksi, rekoreografi,renovasi, revitalisasi, refungsionalisasi, disertai improvisasi dengan aneka hiasan, sentuhan-sentuhan nilai-nilai dan nafas baru, akan mengundang apresiasi dan menumbuhkan sikap posesif terhadap pembaharuan dan pengayaan karya-karya seni.  Di sinilah awal dari kesenian menjadikekayaan budaya dan ³modal sosial-kultural´ masyarakat.Jika kebudayaan asing yang bersifat negatif memasuki sendi-sendi kehidupan bangsa, terutamapara generasi muda tanpa diimbangi upaya pelestarian nilai-nilai budaya bangsa dikhawatirkanBangsa Indonesia akan kehilangan jati diri sebagai bangsa. betapa pentingnya kita mencintaibudaya ini dan mempertahankannya di tengah ´ancaman´ budaya barat.

1.2 Tujuan.
Makalah ini juga diharapkan dapat menjadi acuan teman – teman agar mau turut melihat dan membantu dalam memperkokoh keberadaan budaya – budaya daerah yang mulai hilang akibat era globalisasi. Juga untuk memperlihatkan kepada masyarakat dan teman – teman akan pentingnya kebudayaan nasional kita, apalagi kebudayaan daerah kita yang semakin banyak yang mulai di curi oleh Negara asing.
Yang terpenting ialah menyadarkan semua orang yang membaca makalah ini agar melestarikan dan menjaga serta memperkenalkan kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional kita kepada bangsa luar. Sehingga tidak terjadi pencurian kebudayaan ataupun hilangnya kebudayaan kita dari peradaban.
1.3 Sasaran.
Budaya daerah sangat berpengaruh terhadap ketahanan budaya nasional.sasaran utamanya adalah kita harus menjaga dan melestarikan budaya daerah.kita juga harus memperkuat jati diri budaya daerah yang merupakan salah satu faktor untuk memperkuat kebudayaan nasional.
Jangan sampai kebudayaan asing merusak kebudayaan–kebudayaan kita yang telah terbentuk berangsur–angsur selama puluhan bahkan ratusan tahun. Kebudayaan asing yang cenderung praktis dan terbuka jangan sampai masuk pada diri kita. Jadi, kepada generasi muda yang akan menjadi penerus dan akan berperan penting dalam perkembangan budaya nasional kelak, saatnya untuk bekerja keras demi mempertahankan dan mengembangkan warisan ini, upaya nyata untuk tetap melestarikannya, maka sasaran dari penulisan makalah ini antara lain:
  1. Generasi muda sebagai ujung tombak dan masa depan bangsa,
  2. Masyarakat luas sebagai pelaku / subyek dalam pelestarian budaya,
  3. Pemerintah yang mempertahankan dan mendorong  berkembangnya budaya suatu daerah, dan
  4. Para wisatawan, bahwa wisata budaya tidak kalah menariknya dengan wisata alam yang begitu indah.
BAB 2
PERMASALAHAN.
Kebudayaan lokal Indonesia yang beranekaragam menjadi suatu kebanggaan juga tantangan untuk mempertahankan, mewariskan, serta melestarikannya kepada generasi selanjutnya. Budaya lokal Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri.
Masuknya budaya asing merupakan salah satu factor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini. Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan.
Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal. Budaya lokal adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan budaya asing masuk asalkan sesuai dengan kepribadian negara karena suatu negara juga membutuhkan input-input dari negara lain yang akan berpengaruh terhadap perkembangan di negaranya.
Dalam penulisan makalah saya menggunakan analisa SWOT. Analisa SWOT adalah semata -mata sebuah alat analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapi oleh organisasi, dan bukan sebuah alat Analisa yang mampu memberikan jawaban dari segala permasalahan yang terjadi.
 
     A.    Kekuatan ( Strength )
Budaya lokal sebagai pembentuk bangsa merupakan poin penting yang tidak dapat dikesampingkan perananya,kebudayaan lokal yang berasal dari berbagai daerah berperan sebagai pembentuk keragaman yang memiliki ciri masing-masing. Budaya local tidak hanya menciptakan jati diri yang unik saja,namun juga mencerminkan sikap bangsa yang menghargai perbedaan,dan ini adalah salah satu sifat yang ingin dimiliki oleh bangsa lain didunia. Kebudayaan Lokal menjadi sumber ketahanan budaya bangsa. Dengan perubahan budaya lokal kita yang di sebabkan pengaruh dari budaya luar kita dapat mengambil sisi positif yang bermanfaat, contohnya seni di negara Indonesia ini dapat bertambah.
1.Budaya daerah memiliki unsur unik seperti baju adat,musik tradisional,sehingga                banyak wisatawan asing yang ingin mempelajari lebih dalam tentang budaya di Indonesia
2.Setiap daerah di Indonesia memilki ciri khas budayanya masing-masing, karena Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau sehingga mnejadi daya tarik tersendiri bagi para turis asing.
3.Indonesia adalah negara yang mempunyai sikap menghargai perbedaan dan dunia menyukai sikap itu
4.Semakin banyaknya wisatawan asnig yang mengunjungi Indonesia,semakin bertambah pula pendapatan devisa Negara.
B. Kelemahan(Weakness)
a.       Kurangnya kesadaran masyarakat
Sebagian masyarakat belum memahami sepenuhnya arti pentingnya  melestarikan budaya yang kita miliki, sehingga masyarakat tersebut perlu segera diberikan penyuluhan.
b.      Minimnya komunikasi budaya
Perbedaan bahasa yang digunakan kadang menjadi kendala alam berkomunikasi, maka perlu belajar bahasa internasional yang bisa dipahami bangsa asing untuk mempromosikan kebudayaan kita yang belum tergali.
c.       Pembelajaran tentang budaya harus ditanamkan sejak dini.  Namun sekarang ini banyak yang sudah tidak menganggap penting mempelajari budaya daerah. Padahal melalui pembelajaran budaya, kita dapat mengetahui pentingnya budaya daerah dalam membangun budaya nasional serta bagaimana cara mengadaptasi budaya daerah di tengan perkembangan zaman.
C. PELUANG  (Opportunity)
a. Indonesia dipandang dunia Internasional karena keberagaman dan kekuatanbudayanya
Keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia harus dijaga dengan baik karenaakan dapat mempertahankan identitas Indonesia di mata dunia. Banyak masyarakatdunia mengenal Indonesia sebagai Negara dengan kekhasan dan keberagaman budayayang dimilikinya.
b.Budaya bangsa memperkokoh rasa persatuan
Usaha masyarakat dalam mempertahankan budaya lokal agar dapat memperkokohbudaya bangsa, juga dapat memperkokoh persatuan. Karena adanya salingmenghormati antara budaya lokal sehingga dapat bersatu menjadi budaya bangsa yangkokoh.
c.Multikuturalisme
Dalam artikelnya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning, Riau,Dr Junaidi SS MHum, mengatakan bahwa multikulturalisme meberikan peluang bagikebangkitan etnik dan kudaya lokal Indonesia. Dua pilar yang mendukungpemahaman ini adalah pendidikan budaya dan komunikasi antar budaya.
d.Kemajuan Pariwisata
Budaya lokal Indonesia sering kali menarik perhatian para turis mancanegara. Inidapat dijadikan objek wisata yang akan menghasilkan devisa bagi negara. Akan tetapihal ini juga harus diwaspadai karena banyaknya aksi pembajakan budaya yangmungkin terjadi.
D. Tantangan / Hambatan (Threats)
a.       Perubahan lingkungan alam dan fisik yang dapat mengubah pola pikir serta pola hidup masyarakat.
b.      Masih kurangnya penghargaan terhadap Hak atas Kekayaan Intelektual di bidang kebudayaan dengan melihat terjadinya hak paten atas karya dari pembajakan seni budaya kita
c.       Lemahnya SDM pengelola kekayaan budaya baik tingkat pusat maupun daerah
d.      Pengaruh budaya asing dalam era globalisasi akan berdampak negatif terhadap ketahanan budaya seperti kemungkinan terjadinya kehilangan nilai budaya Indonesia yang saat ini makin memudar
e.       Kemajuan teknologi yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ditinggalnya budaya daera


KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
KESIMPULAN.
Sebagai Negara kepulauan yang memiliki keberagaman budaya pastinya sangat sulit untuk mempertahankan persatuan antara masyarakatnya. Namun hal tersebut pasti bisa terealisasikan jika kita sebagai masyarakat Indonesia yang bangga akan keberagaman tersebut bisa menjaga, mendalami, serta melestarikan keberagaman, kehasan dan keunikan budaya itu yang khususnya berawal dari budaya local. Padahal sesungguhnya Budaya Lokal yang kita miliki ini dapat menjadikan kita lebih bernilai dibandingkan bangsa lain karena betapa berharganya nilai – nilai budaya lokal yang ada di negara ini. Untuk itu seharusnya kita bisa lebih tanggap dan peduli lagi terhadap semua kebudayaan yang ada di indonesia ini. Selain itu kita harus memahami arti kebudayaan serta menjadikan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia sebagai sumber kekuatan untuk ketahanan budaya bangsa.Agar budaya kita tetap terjaga dan tidak diambil oleh bangsa lain. Karena kekayaan bangsa Indonesia yang tidak ternilai harganya itu dan tidak pula dimiliki oleh bangsa-bangsa asing. Oleh sebab itu, sebagai generasi muda, yang merupakan pewaris budaya bangsa, hendaknya memelihara seni budaya kita demi masa depan anak cucu.
REKOMENDASI.
a. Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segi budaya, status sosial, maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal. b. Pengembangan budaya Indonesia, untuk melestarikan kekayaan Indonesia, serta dapat dijadikan kegiatan pariwisata yang memberikan sumber pendapatan nasional maupun daerah. Contohnya dengan pelestarian budaya, pengembangan museum, dan cagar budaya.
c. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memajukan budaya local.
d. Lebih mendorong kita untuk memaksimalkan potensi budaya lokal beserta pemberdayaan dan pelestariannya.
e. Berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas yang tinggi.
f. Selalu mempertahankan budaya Indonesia agar tidak punah dan terus di kembangkan oleh masyarakat Indonesia.
g. Mengusahakan agar semua orang mampu mengelola keanekaragaman budaya lokal.

REFRENSI.
http://herryefendy.wordpress.com
http://jangandibuka.weebly.com
http://faniblogs14.wordpress.com
http://herryefendy.wordpress.com
http://jangandibuka.weebly.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar