Powered By Blogger

Sabtu, 13 Oktober 2012

Mengenal Sensor Robot


Mengenal Sensor Robot

Seperti yang telah kita bahas pada Lesson 1. Sensor adalah tiruan dari indra pada makhluk hidup. sensor ini berfungsi sebagai komponen yang membuat robot bisa merespon lingkungan sekitarnya. Jika manusia hanya memiliki 5 indra biologis, robot memiliki berbagai jenis pilihan sensor yang bisa digunakan. Karna robot bisa dipasangkan berbagai jenis sensor inilah yang membuat robot pada hari ini dapat membantu kerja manusia, khususnya untuk hal-hal berbahaya semisal kebocoran nuklir, SAR, dll. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga untuk aktifitas-aktifitas harian seperti memtong rumput, transportasi, keamanan, dll. Berikut adalah sedikit dari beribu-ribu contoh sensor yang bisa digunakan untuk aplikasi robot kita.
Sensor Ultrasonic Range Finder bekerja seperti sonar. Sensor ini mengukur jarak antara robot dengan benda didepannya dengan memancarkan ultrasonik kemudian menghitung jarak dari pantulan ultrasonik yang diterima. Keuntungan menggunakan sensor ini adalah bisa mengukur jarak yang cukup jauh (beberapa meter).
Sinar inframerah juga bisa digunakan untuk mengukur jarak antara robot dengan benda disekitarnya. Sensor ini dapat mengukur jarak dengan cukup akurat. Sensor ini cukup murah, bisa diandalkan, dan akurat. Meskipun demikian, sensor ini hanya dapat mengukur jarak yang tidak terlalu jauh.
sensor terbagi menjadi beberapa jenis menurut fungsinya. diantaranya sensor jarak, sensor kontak, sensor positioning, sensor rotasi, dll..

Sensor Kontak


sensor kontak adalah sensor yang bekerja jika sensor ini bersentuhan dengan benda lainnya. sensor ini dapat dijadikan sensor untuk robot kita jika robot kita menyentuh suatu objek maka robot dapat kita program untuk melakukan sesuatu.

Sensor Jarak

sensor jarak adalah sensor yang dapat mendeteksi adanya objek didepannya. Untuk aplikasi robot biasanya digunakan agar robot tidak menabrak objek didepannya. selain itu juga biasa digunakan pada kontes robot cerdas yang dapat menghindari halangan (robot avoider).


Sensor Enviromental Condition

Sensor ini digunakan untuk mendeteksi kondisi lingkungan seperti temperatur, suhu, cahaya dll. dalam aplikasi robot misalnya, untuk membuat robot pemadam api. 



Selain itu ada berbagai jenis sensor lainnya yang sangat bervariasi di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar